Ayo Cuci Tangan Dulu…

13 05 2009

Jika Anda melihat tangan balita Anda di bawah mikroskop, Anda akan melihat banyak kuman-kuman yang menempel. Lalu ia pun akan memasukkan tangannya begitu saja ke dalam mulutnya. Uh, seram rasanya membayangkan kuman-kuman itu ikut masuk ke dalam mulut dan tubuhnya!

Namun tentu Anda tidak bisa melarangnya memegang benda-benda di luar sana, karena itu adalah bagian dari proses pembelajarannya. Yang bisa Anda lakukan adalah mengajarkannya mencuci tangan. Ajarkan ia mencuci tangan sebelum memegang makanan, atau bahkan setelah ia dari luar.

Mengajarkan kebiasaan mencuci tangan sebagai bagian dari menjaga kebersihan diri harus diajarkan sejak dini, karena kebiasaan itu akan terus terbawa hingga besar. Anda bisa menjelaskan betapa banyaknya kuman-kuman yang tak nampak di tangannya. Dan sangat penting untuk membuat kuman-kuman itu hilang, karena dapat membuatnya sakit.

Bagaimana cara mengajarkannya? Pastinya, Anda harus menyediakan tempat cuci tangan atau wastafel yang mudah ia jangkau beserta sabun dan lapnya. Ajarkan kepadanya bagaimana membuka keran, menggunakan sabun di bagian dalam dan luar telapak tangan, serta di sela-sela jari. Lalu ajarkan pula bagaimana mengeringkan tangan dengan handuk dan menaruh kembali handuk pada tempatnya.

Anda bisa membuat kegiatan mencuci tangan menjadi hal yang menyenangkan. Misalnya, Anda bisa membiarkannya sedikit bermain busa sabun dan air selama cuci tangan. Atau Anda juga bisa mengajarkannya lagu untuk dinyanyikan selama kegiatan mencuci tangan.

Sebelum kita makan, Dik, cuci tanganmu dulu. Menjaga kebersihan, Dik, untuk kesehatanmu. Banyak-banyak makan jangan ada sisa.. Sst.. Makan jangan bersuara! Banyak-banyak makan jangan ada sisa. Ayo makan bersama…

sumber : ayahbunda.co.id


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: