Bermain Cerdas dengan Kertas

8 06 2009

Tidak sulit kok, membuat permainan untuk balita usia tiga tahun. Bahan-bahan sederhana atau bekas pakai, seperti kertas bisa digunakan. Kreativitas dan daya imajinasinya pun terasah.

Anda bisa menggunakan kertas berbagai ukuran dan tidak musti baru. Gunakan saja kertas bekas untuk dilipat, digulung, dilempar, dibentuk, dicoret-coret dan dirobek-robek! Kegiatan ini dapat menstimulasi kecerdasan balita dalam berbagai aspek.

Jenis Permainan yang bisa menggunakan kertas:
Bola kertas. Remas kertas koran dan bentuk menjadi bola. Lempar bola ke keranjang yang ditaruh di atas kursi dari jarak satu meter.
Stimulasi: motorik kasar saat ia melempar.

Bulatan. Buat bulatan dan segitiga di kertas kuarto putih. Minta balita tiga tahun Anda menggambar apa saja dengan krayon di bidang tersebut.
Stimulasi: motorik halus, pengetahuan tentang bentuk, pengembangan imanjinasi dan kreativitas.

Melengkapi rumah. Buat bentuk rumah yang belum selesai, misalnya tanpa pintu, jendela, atap dan lain-lain. Minta balita tiga tahun Anda melengkapi kekurangan-kekurangan rumah tersebut.
Stimulasi: perkembangan daya ingat dan konsentrasi.

Kolase. Minta anak merobek gambar buah dan sayur dari majalah dan flayer supermarket. Lalu ajak dia menempel robekan-robekan itu di atas kertas kuarto putih. Jadilah sebuah kolase buah dan sayur!
Stimulasi: motorik halus saat menempel, pengetahuan tentang gizi.

Perahu kertas. Bantu balita tiga tahun Anda membuat perahu kertas. Di usia ini tentu anak belum sepenuhnya mampu membuat perahu kertas. Setelah perahu kertas selesai, minta ia menggambarinya. Lalu, hanyutkan perahu di atas air dalam baskom, bathtub, atau genangan air hujan, sambil bernyanyi bersama, ”Row-row your boat, gentle down the stream. Merrely, merrely, merrely, merrely, life is but a dream!”
Stimulasi: motorik halus, imajinasi dan kreativitas saat anak menggambar, bahasa dan seni saat anak menyanyi.

Saat sedang menggambar dan menempel merupakan proses yang menstimulasi anak menumpahkan imajinasi tentang dunia yang ia lihat, perasaan dan pikirannya. Hasilnya akan terungkap bila bunda bertanya, “Gambar apa itu?” Jawaban balita tiga tahun pasti mencengangkan.

Ketika ia membuat gambar yang melengkung seperti daun pisang, dipulas warna hijau, lalu dibubuhi dua titik hitam, di mata orang dewasa gambar itu tak menunjukan apa pun. Tapi balita tiga tahun akan menjawab, “Ini gambar dinosaurus yang sedang tidur!”

src :ayahbunda.co.id


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: