Percaya Diri di Ajang Lomba

22 10 2009

TIDAK semua anak bisa tampil di depan umum. Tidak semua anak pula bisa mengikuti lomba membaca ataupun menulis puisi. Lomba seperti ini memang membutuhkan mental dan keberanian yang lebih dari anak-anak lain.

Apalagi dalam setiap lomba yang paling dibutuhkan adalah keberanian untuk tampil di depan umum. Mental yang kuat dan keberanian tampil di depan umum itu dapat dilatih dengan mengikuti lomba membaca ataupun menulis puisi. Anak-anak dilatih untuk mengetahui potensi yang ada di dalam dirinya masing- masing.

Selain itu, anak-anak juga dilatih memiliki perasaan yang halus dan mengetahui nilai-nilai estetika atau sisi keindahan dari sebuah tulisan. “Tidaklah mudah mengikuti lomba membaca atau menulis puisi. Hanya anak-anak yang memiliki mental yang bagus dan rasa percaya diri yang kuat saja bisa melaluinya,” papar pengajar yang sering menjadi juri lomba baca ataupun penulisan puisi untuk anak-anak Jatmiko M Nur.

Karena dibutuhkan mental yang bagus dan rasa percaya diri tinggi, untuk mendapatkan anak-anak yang berani tampil di depan umum, Jatmiko M Nur mengaku bahwa mental anak harus dilatih sejak dini. Melatih mental itu bisa terbantu lewat puisi-puisi yang telah dihafal ataupun telah tertanam dalam ingatan anak-anak.

“Biasanya anak-anak akan grogi atau salah tingkah ketika berada di atas panggung. Namun, dengan puisi yang telah dihafal dan dikenal baik, bisa menunjang tumbuhnya rasa percaya diri tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut, menurut Jatmiko, rata-rata anak yang memiliki mental kuat adalah anak-anak yang mudah bergaul dan mudah beradaptasi dengan lingkungannya sehingga tampil di atas panggung bukan masalah bagi mereka.

“Di sinilah peran orangtua sangat penting. Melihat orangtua berada di tempat duduk penonton, biasanya anak-anak lebih berani. Jadi, ada baiknya setiap ada lomba atau anak-anak sedang pentas, disaksikan langsung oleh orangtuanya,” ujar pria ramah ini.
(sindo//mbs)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: